Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet dengan Cepat

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet dengan Cepat

Masalah yang sering dialami para pengguna WC salah satunya yakni mampet karena satu dan lain hal misalnya saja sering membuang tisu toilet di dalam lubang. Meski termasuk kotoran kecil, amun dampak yang ditimbulkan cukup besar salah satunya yaitu menyumbat saluran.

Langkah Praktis Mengatasi WC Jongkok Mampet dengan Cepat

Meski saat ini sebagian besar menerapkan WC duduk, namun tidak sedikit orang yang masih nyaman mengaplikasikan WC jongkok. Namun ketika terjadi masalah, tentu Anda harus segera melakukan penanganan dengan baik. Penjelasan mengenai langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Jangan Menyiram Air Terlalu Banyak

source: wowkeren.com

Kebersihan pada toilet memang sangat penting untuk dijaga, oleh sebab itu sebagian besar orang akan menyiram WC secara berlebihan untuk menghilangkan bau serta kotorannya agar lebih mudah masuk ke septic tank. Namun tahukah Anda, jika hal ini justru membawa dampak buruk.

Ada beberapa dampak buruk yang disebabkan oleh terlalu banyaknya menyiram air salah satunya yaitu membuat septictank lebih cepat penuh. Di samping itu umumnya bakteri yang berada di dalam tempat penampungan sebagian besar akan mati sehingga proses pembusukan jauh lebih lama.

2. Gunakan Bantuan Botol Bekas

source: promediateknologi.com

Meski produk ini sering dibuang atau dibakar karena sudah tidak berguna, akan tetapi sebenarnya terdapat fungsi penting yaitu membantu mengatasi masalah WC jongkok tersumbat. Cara penggunaannya sendiri terbilang sangat mudah yaitu tinggal memotongnya menjadi dua bagian.

Tujuan dari penggunaan botol bekas ini adalah agar kotoran yang terdapat dalam WC bisa terdorong masuk ke septic tank. Guna memastikannya, silahkan menyiram WC menggunakan air. Perhatikan bagaimana reaksinya, apabila alirannya masih kurang lancar maka ulangi langkah tersebut.

3. Menggunakan Garam

source: tstatic.net

Selain berfungsi untuk membuat masakan semakin nikmat, ternyata garam dapur juga bisa difungsikan sebagai pelancar aliran WC. Ketika Anda menggunakan bahan ini maka kotoran akan lebih mudah melalui saluran dan masuk ke septictank. Penggunaanya sendiri juga tidak begitu banyak hanya sekitar 500 gram saja.

Larutkan garam tepat di lubang WC, kemudian jangan lupa menambahkan baking soda. Tunggu beberapa saat sampai kedua bahan tersebut bereaksi. Tandanya adalah akan keluar gelembung layaknya busa, kemudian diamkan beberapa saat agar kotoran di dalamnya bisa terlarut.

4. Menggunakan Alat Penyedot WC

source: shopee.co.id

Umumnya alat penyedot WC yang terdapat di pasaran berbentuk mangkuk pada bagian kepalanya, sedangkan untuk pegangannya yakni seperti tongkat berbahan kayu atau plastik. Alat ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah WC tersumbat secara praktis.

Caranya yakni hanya dengan meletakkan bagian yang berbentuk seperti mangkuk tepat di bagian lubang WC. Lanjutkan dengan menekan-nekannya untuk membuat kotoran di dalam saluran bisa mengalir bersama air.

5. Menggunakan Hanger Besi Bekas

source: shopee.co.id

Bagi Anda yang memiliki hanger besi tidak terpakai, sebaiknya jangan buang seluruhnya terlebih dahulu. pastikan untuk menyisakan beberapa minimal satu biji untuk nantinya dimanfaatkan menghilangkan kotoran. Caranya yakni potong salah satu bagiannya kemudian panjangkan.

Masukkan bagian hanger yang telah dipotong ke dalam lubang WC, pastikan mencapai kotoran penyumbat aliran. Tekan-tekan dengan kuat atau perkirakan tingkat kepadatan kotoran. Sangat disarankan untuk melapisi bagian lancipnya dengan kain agar tidak merusak WC.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi WC jongkok tersumbat secara praktis. Saat ini sudah ada banyak layanan penyedia jasa sedot WC salah satunya yaitu CV Eco Mandiri. Untuk pemesanannya bisa langsung menghubungi WA nya di 081332539707 atau 081331305588.

 

 

Read :  Fungsi Septic Tank dan Perencanaan Pembuatan Septic Tank

About the author

CV Eco Mandiri menyediakan jasa sedot WC Surabaya dan seluruh Jawa Timur dengan biaya terjangkau, terbaik, bergaransi. WA /Telp : 081332539707 / 081331305588

 

 

 

 

 

Order Via WhatsApp