Kapan Sebaiknya Melakukan Sedot WC?

Kapan Sebaiknya Melakukan Sedot WC?

Kapan sebaiknya melakukan sedot WC? Pertanyaan ini mungkin ada di kepala Anda yang baru punya rumah sendiri. Karena sejauh ini belum pernah ada penyuluhan atau pengetahuan tentang cara merawat septic tank di rumah untuk masyarakat.

Bahkan sering kali septic tank setengah diabaikan oleh penghuni rumah. Nanti waktu WC sudah sulit disiram, baru mereka panik dan mencari-cari nomor telepon sedot WC untuk kuras septic tank.

Oleh karena itu sebelum masalah jadi besar sampai mengganggu aktivitas, mari ketahui kapan waktu untuk melakukan sedot WC berdasarkan anjuran ahli.

 

Kapan Sebaiknya Melakukan Sedot WC?

Contents

 

Kalau ditanya kapan, sebenarnya kita bisa memanggil jasa sedot WC kapan pun diinginkan. Selama tidak terlalu lama agar tidak keburu penuh, atau terlalu cepat karena isi septic tank-nya tidak terlalu banyak.

Oleh karena itu ada 4 waktu yang dianjurkan untuk melakukan sedot WC.

 

Sebelum Musim Hujan

Khusus untuk daerah yang ketika hujan selalu dengan intensitas tinggi, misalnya bekasi dan bogor, sedot WC sebaiknya dilakukan sebelum datang musim hujan. Bahkan sebenarnya memanggil jasa sedot septic tank pada umumnya pun dianjurkan ketika musim panas.

Hal ini dikarenakan ketika musim hujan, bau pada septic tank akan menguap. Jadi walaupun isinya tidak terlalu penuh, sirkulasi udara yang buruk membuat kamar mandi menjadi bau karena septic tank belum dikuras.

Artinya untuk warga yang tinggal di daerah seperti, dianjurkan sedot WC paling tidak 6 bulan sekali.

 

Setelah Rumah Terendam Banjir

Kalau rumah Anda sering terendam banjir, maka cara perawatan septic tank-nya beda lagi. Septic tank justru harus disedot tiap kali rumah kebanjiran, walaupun septic tank-nya baru dikuras dua atau tiga minggu yang lalu.

Karena saat rumah terendam banjir, air akan masuk ke segala celah, tidak terkecuali kamar mandi melalui kloset.

Kloset dan saluran air kotor yang terhubung langsung dengan septic tank membuat air banjir memenuhi septic tank bahkan saat banjir di luar sudah surut. Akibatnya, kamar mandi jadi tidak bisa dipakai selama beberapa hari karena sulit disiram.

Read :  Cara Mengatasi Wastafel Mampet dengan Bahan Alami

Untuk mengatasi masalahnya kita perlu menyedot septic tank berisi air tersebut agar kosong kembali, serta mengganti bakteri yang mati akibat banjir.

 

Ketika Septic Tank Penuh

Saat septic tank penuh tentunya adalah jawaban dari pernyataan “Kapan sebaiknya melakukan sedot WC” yang paling jelas. Tapi kita tidak tahu kapan septic tank akan penuh secara pasti.

Setiap rumah pun butuh waktu berbeda-beda sampai septic tank rumah mereka penuh. Ditambah lagi ada banyak ukuran septic tank, volume penampungannya bervariasi, dan jumlah penghuni di rumah tersebut juga berpengaruh.

Pada umumnya, septic tank penuh dalam waktu 5 sampai 10 tahun bila rumah dihuni oleh satu keluarga.

Tapi tidak sedikit juga kasus dimana WC sudah sulit disiram padahal baru ditempati 1 tahun. Oleh karena itu nanti kita akan jelaskan bagaimana cara tahu septic tank rumah sudah penuh.

 

Rutin Tiga Tahun Sekali

Waktu melakukan sedot WC yang terakhir dan paling aman adalah rutin tiga tahun sekali. Sehingga perawatan septic tank tidak perlu mengeluarkan uang besar sampai membebani pemilik rumah, tapi tidak terlalu jarang juga sampai menimbulkan masalah.

3 sampai 5 tahun adalah waktu yang dianjurkan secara internasional. Di luar negeri, layanan ini termasuk ke dalam inspeksi rutin ke rumah kontrak, apartemen, atau rumah sewa lainnya.

Tapi karena di Indonesia kebanyakan rumah dihuni oleh pemiliknya, maka kita harus melakukannya sendiri.

 

Tanda Septic Tank Sudah Mau Penuh

Seperti yang sudah dikatakan tadi, agak sulit menebak kapan septic tank penuh secara akurat. Oleh karena itu kita bisa lihat dari tanda-tandanya seperti di bawah ini.

 

Muncul Bau

Tanda yang pertama adalah mnnculnya bau tidak sedap dari dalam kamar mandi. Lebih spesifik lagi, bau ini datang dari lubang kloset dan saluran pembuangan air kotor mana pun yang terhubung dengan septic tank.

Tadi sudah disinggung sedikit bahwa baunya akan muncul ketika musim hujan. Sebab saluran udara di septic tank akan tertutup oleh air hingga udara hanya bisa keluar lewat lubang ke kloset.

Read :  Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi

Baunya sendiri tidak akan bertahan lama. Dalam beberapa jam saja sudah tidak ada bau apapun di kamar mandi. Tapi hal ini merupakan indikasi septic tank mulai penuh dan harus segera dikuras.

 

Kloset Susah Disiram

Untuk tanda berikutnya ini mulai membuat aktivitas jadi terhambat. Karena toilet butuh waktu lama untuk disiram.

Gejala dari kloset susah disiram pun ada banyak. Mulai dari airnya menggenang, kotoran sulit terbawa oleh air, atau airnya terbawa dulu ke dalam toilet tapi kemudian naik lagi.

Kejadian ini merupakan tanda bahwa septic tank benar-benar sudah penuh oleh air dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya lagi. Jika dibiarkan, toilet makin tidak bisa dipakai sampai septic tank dikuras.

 

Muncul Pasir di Kloset

Untuk tanda yang satu ini biasanya hanya ditemui di kloset jongkok.

Pada waktu-waktu tertentu, khususnya ketika intensitas hujan sedang tinggi, biasanya pasir dari luar akan masuk ke septic tank. Namun sebelum mengendap ke dalam tangki, pasir ini justru terbawa oleh air menuju pipa saluran ke kloset dulu.

Pasir di septic tank sebenarnya hal normal. Karena di dalam septic tank akan selalu ada endapan batuan baik yang terbawa dari kamar mandi maupun yang masuk secara alami dari luar.

Tapi kalau pasirnya sampai masuk ke dalam kamar mandi, artinya septic tank tersebut sudah terlalu penuh dan harus segera dikuras.

 

 

Kenapa Septic Tank Harus Disedot Sebelum Musim Hujan?

Sebelumnya juga dijelaskan bahwa melakukan sedot WC sebaiknya dilakukan sebelum musim hujan. Untuk alasannya sebenarnya sangat sederhana.

Yang pertama, sedot septic tank yang efektif perlu dilakukan lewat ventilasi udara septic tank itu langsung. Sehingga pengerjaannya di luar ruangan. Dan bila dilakukan di musim hujan, resiko prosesnya tertunda karena tiba-tiba hujan jadi semakin besar. Oleh karena itu sebaiknya kita menghindari masalah ini.

Yang kedua, bau dari septic tank akan lebih sering tercium ketika sudah memasuki musim hujan. Untuk mencegah ketidaknyamanan ini, sebaiknya kita persiapkan dengan memanggil layanan sedot WC dari akhir musim kemarau.

Read :  Langkah Memperbaiki Wc Tersumbat Sendiri

Selain itu megosongkan septic tank sebelum musim hujan juga bisa mengurangi resiko infeksi kulit jika rumah kita terkena banjir.

 

Apakah Sedot WC Harus Dilakukan Setiap Tahun?

Melihat rekomendasi 4 waktu di atas, sedot WC tahunan bukanlah hal yang diprioritaskan oleh para ahli konstruksi dan perawatan bangunan. Kecuali jika memang Anda tinggal di daerah rawan banjir dan harus sedot WC tiap 6 bulan sekali.

Tapi selain dari masyarakat kategori tersebut, anjuran sedot septic tank rutin justru hanya perlu dilakukan dari 3 sampai 5 tahun sekali.

Memang tidak ada salahnya juga sedot WC tiap tahun secara rutin. Tapi di tahun-tahun ketika keuangan sedang menipis, Anda bisa ganti perawatan ini dengan menambah bakteri pada septic tank saja. Dengan begitu tingkat kecepatan penguraian di dalam septic tank tidak akan berkurang.

 

Bagaiuana Cara Sedot WC yang Benar?

Karena sudah tahu kapan sebaiknya melakukan sedot WC, sekarang Anda hanya perlu mempelajari cara sedot WC yang benar agar tidak cepat penuh lagi.

Untuk melakukan hal ini, tentu Anda butuh bantuan dari profesional. Itulah kenapa CV. Eco Mandiri hadir sebagai penyedia layanan sedot WC dan kuras septic tank masyarakat dimana pun berada.

CV. Eco Mandiri punya tim yang berpengalaman di bidang konstruksi dan pengolahan limbah rumah tangga. Sehingga paham bagaimana cara menguras septic tank sampai kosong agar Anda sebagai penghuninya tidak perlu bolak-balik panggil jasa sedot WC tiap bulan.

Layanan kami bisa dipesan secara online melalui nomor WhatsApp yang tersedia di situs resmi kami.

Setelah tahu kapan sebaiknya melakukan sedot WC, jangan sampai Anda menunda-nunda lagi padahal sudah waktunya memesan layanan ini. Daripada cemas takut WC mendadak mampet di tengah malam atau jadi telat ke kantor karena toilet susah di-flush, lebih baik ikuti anjuran waktu terbaik untuk memanggil layanan sedot WC menurut para profesional.

About the author

CV Eco Mandiri menyediakan jasa sedot WC Surabaya dan seluruh Jawa Timur dengan biaya terjangkau, terbaik, bergaransi. WA /Telp : 081332539707 / 081331305588

 

 

 

 

 

Order Via WhatsApp