Cara Membuat Septic Tank Resapan yang Benar dan Tepat

Cara Membuat Septic Tank Resapan yang Benar dan Tepat

Sebelum membuat septic tank resapan, ada beberapa hal perlu Anda perhatikan agar bisa berfungsi sepenuhnya. Sebelumnya pastikan untuk menggunakan penyedia jasa yang ahli dalam bidangnya. Di samping itu persiapkan produk-produk berkualitas untuk mendukung proses pembangunan nantinya.

Cara Membuat Septic Tank Resapan

source: suarakarya.id

Membuat septic tank resapan tidak bisa dilakukan sembarangan karena akan memberikan efek buruk terutama pada tingkat keawetannya. Sebelum menjalankan prosesnya, pastikan terlebih dahulu mengetahui langkah-langkahnya. Berikut akan dijelaskan secara terperinci:

  • Gali tanah sedalam 15 meter dan lebar 2 meter.
  • Ukuran tersebut untuk septic tank standar.
  • Buat sekat pada bagian tengah-tengah galian.
  • Fungsinya yaitu sebagai wadah limbah cair dan padat.
  • Selanjutnya membuat struktur penghubung antara sekat menggunakan pipa paralon.
  • Pipa yang digunakan berukuran kurang lebih 4 inchi.
  • Disarankan mendesain arah paralon dari WC secara menurun hingga sejajar.
  • Misalnya untuk paralon ketinggian 80 setidaknya menggunakan sekat dengan ketinggian 75.
  • Disarankan menggunakan material untuk dinding berupa batu bata merah.
  • Bagian bawah septic tank berupa tembok agar septic tank tahan lama.
  • Terakhir, tutup septic tank resapan dengan papan.

Langkah Perawatan Septic Tank

Septic tank yang tidak terawat akan mengakibatkan beberapa masalah serius, untuk itu Anda perlu mengetahuinya agar nantinya dapat mengatasi berbagai hambatannya. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, secara lebih lengkapnya akan diulas pada poin-poin berikut ini:

1. Perhatikan Jadwal Pengurasan

source: grid.id

Septic tank yang terlalu sering digunakan lambat laun akan lebih cepat penuh, untuk mengatasinya bisa melakukan penjadwalan pengurasan. Anda bisa menggunakan jasa sedot WC sebab prosesnya memerlukan teknik, perlengkapan, serta prosedur khusus supaya tidak membahayakan lingkungan sekitar.

Jadwal pengurasan sendiri tidak perlu terlalu sering namun tetap harus memperhatikan tingkat penggunaannya. Disarankan pengurasan septic tank dilakukan setidaknya 3 tahun sekali guna menghindari kepenuhan serta kendalanya aliran kotoran menuju pembuangan.

2. Hindari Membuang Sampah di Septic Tank

source: blogspot.com

Sebab lahan kosong yang semakin menyempit, menjadikan masyarakat kebingungan untuk membuang sampah. Oleh karenanya mereka cenderung membuang sampah di tempat-tempat yang tidak seharusnya mulai dari sungai, lingkungan sekitar, bahkan septic tank.

Septic tank sendiri terdiri dari dua sekat yaitu untuk kotoran cair dan padat. Meskipun begitu sangat tidak disarankan untuk membuah sampah pada tempat tersebut karena bisa membuat alirannya kurang lancar. Bahkan bisa meluap sampai ke luar wilayahnya dan membuat lingkungan sekitar menjadi tercemar.

3. Perhatikan Sumur Resapan

source: blogspot.com

Penggunaan sumur resapan terbilang sangat penting sebagai tempat para bakteri pembusuk bisa bekerja secara maksimal. Perhatikan penempatannya, pastikan untuk tidak terlalu dekat dengan sumber air. Beri jarak sekitar 10 meter supaya kotoran tidak sampai mencemari lingkungan secara menyeluruh.

Pada lingkungan alaminya, limbah dari septic tank akan mengalir ke sumber air terdekat. Oleh karenanya seringkali septic tank dilindungi menambahkan komponen berupa ijuk, kerikil, [asi, dan batu. Tujuan utamanya yakni menjadikan cairan tersebut tidak begitu pekat atau berbau lagi. Hanya saja penyusunnya bisa dilakukan oleh ahli dalam bidangnya.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat septic tank serta perawatannya. Sebelum menjalankan prosesnya akan lebih baik mengetahui perencanaan ukurannya terlebih dahulu. Saat ini sudah ada banyak layanan penyedia jasa sedot WC salah satunya yaitu CV Eco Mandiri. Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi CS di 081332539707 atau 081331305588.

 

 

Read :  Ketahui, Apa Saja Jenis Alat Penyedot Lumpur Kolam

About the author

CV Eco Mandiri menyediakan jasa sedot WC Surabaya dan seluruh Jawa Timur dengan biaya terjangkau, terbaik, bergaransi. WA /Telp : 081332539707 / 081331305588

 

 

 

 

 

Order Via WhatsApp